Tingkatkan Kekuatan Melalui Yoga Jakarta Selatan

 

Yoga tak hanya dikenal dapat meningkatkan konsentrasi serta kesadaran spiritual seseorang. Beberapa jenis yoga juga dipercaya dapat meningkatkan kekuatan tubuh secara fisik. Jenis yoga tersebut diantaranya ialah Iyengar yoga, Kundauni yoga, Power yoga, dan Ishta Yoga. Berikut ini merupakan penjelasan lebih lanjut keempat jenis yoga tersebut.

1. Iyengar Yoga Jakarta Selatan
Iyengar Yoga Jakarta Selatan merupakan Jenis yoga yang mengutamakan pada aspek daya tahan dan kekuatan ini dikembangkan oleh BKS. Yang menjadi pembeda antara Iyengar dengan jenis yoga yang lain adalah penggunaan alat bantu ketika melakukan yoga yang satu ini. Alat bantu tersebut dapat berupa tali, bantal, atau bahkan blok. Adapaun inti latihan dari Iyengar yoga adalah penitikberatan pada keselarasan pose-pose yang dilakukan oleh tubuh. Yoga ini dilakukan dengan cara bergerak perlahan dengan titik fokus yakni posisi tubuh, tak terkecuali tumit dan jari. Pose yang dilakuan dengan bantuan alat bantu tadi harus dilakukan dengan benar. Iyengar juga dinilai cocok untuk semua usia. Sementara manfaat yang diberikan ketika melakukan Iyengar yoga antara lain sebagai terapi guna menyembuhkan beberapa penyakit tertentu, seperti migrain atau insomnia. Tak hanya itu, dengan melakukan Iyengar yoga, Anda dapat meningkatkan keselarasan antara bernapas dengan kegiatan sehari-hari.

2. Kundlini Yoga
Jenis yoga yang satu ini juga memiliki nama lain, yaitu yoga of awarness atau yoga untuk kesadaran. Sehingga titik tekan pada Kaundauni yoga terletak pada aliran dan pernapasan. Inti dari latihan Kaundauni yoga ialah breath of fire, yakni dengan cara melakukan teknik pernapasan (Pranayama) dengan cara bernapas secara cepat serta ritmis. Tak hanya melakukan pose yoga, yoga yang satu ini juga meliputi latihan medis, bernapas, serta bernyanyi. Adapun manfaat yang diberikan ketika melakukan yoga jenis ini ialah membangkitkan energi kundalini untuk mencapai peningkatan spiritual.

3. Power Yoga
Jenis yoga satu ini merupakan pengembangan dari jenis yoga lain, yakni Astanga yoga. Penggagas dari Power yoga ialah Kanye West dan Beryl Bender Birch dari Amerika Yoga Teacher. Yoga ini tak jarang dipanggil gym yoga karenea menggabungkan latihan kekuatan, peregangan, serta meditasi. Adapun inti dari latihan Power yoga adalah menekankan pada aspek fleksibilitas serta kekuatan. Seiring dengan inti latihan, manfaan yang diberikannya juga akan meningkatkan kekuatan otot serta fleksibilitas.

4. Ishta Yoga
Jenis yoga terakhir yang tak kalah menarik untuk dicoba ialah Ishta yoga. Jenis yoga yang satu ini merupakan kombinasi dari yoga klasik dengan kontemporer. Yakni Hatha, Tantra, serta Ayurveda yang jika disatukan menjadi ISHTA. Inti dari latihan Ishta yoga biasanya memiliki tema di setiap kelasnya. Misal, guna menyeimbangkan cakra, menenangkan perasaan serta fisik, dan memperkuat fisik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*